Thursday 27 February 2014


Dr. Dino Pati Djalal adalah seorang Ambassador, diplomat, aktivis muda, akademisi, dan penulis. Dia dikenal sebagai staf sepsial untuk International Affairs dan juru bicara presiden Susilo Babmbang Yudhoyono selama 6 tahun sejak oktober 2004-2010 yang membuatnya menjadi juru bicara kepresidenan paling lama dalam sejarah modern Indonesia.

Beliau adalah anak ke 2 dari 3 bersaudara, lahir pada tanggal 10 September 1965 di Beograd, Yugoaslavia. Ayahnya Professor Hasyim Djalal adalah ambassador indonesia untuk Kanada dan Jerman yang menjadi pakar internasional dalam bidang hukum kelautan yang menjadi sosok kunci tentang archipelago concept di Indonesia.

Pendidikannya dimulai dari SD dan SMP Muhamadiyah Al-Azhar, kemudian
Mclean High School in Virginia pada tahun1981 pada umurnya yang ke15, setelah itu mendapatkan  Bachelor’s Degree in Political Science dari Carleton University (Ottawa, Canada) dan program master Political Science dari Simon Fraser University (British Columbia, Canada) dan mendapatkan gelar doktor dari London School of Economics and Political Science pada tahun 2000.

Selama karirnya menjadi seorang diplomat beliau telah melahirkan beberapa kebijakan, di antaranya : US - Indonesia Security Dialogue, Forestry-11, Global Inter-Media Dialogue dan Presidential Visitor’s Program.

Sebagai seorang aktivis muda beliau di kenal sebagai pendiri dari Modernisator Indonesia, Konseptor Generation 21, pendiri Innovative Leaders Forum, dan yang menciptakan slogan
Remarkable Indonesia yang menjadi slogan utama Indonesia’s international public relations campaign di Amerika. Dr. Dino telah memproduksi video klip Remarkable Indonesia yang telah ditayangkan di CNN, CNBC, Al Jazeera, BBC dan stasiun internasional lainnya.
Dr. Dino dijulukii sebagai indonesia’s first “twitter ambassador” (twitter :@dinopattidjalal) dan Moonwalk ambassador.

Sebagai seorang duta besar Dr.Dino telah melahirkan banyak inisiatif, seperti : US – Indonesia Comprehensive Partnership, mengorganisir terlaksananya Guinness Book of World Recordfor the largest angklung ensemble, memajukan US – Indonesia Abrahamic Inter-faith coalition, pendiri Congress of Indonesian Diasporas, International Conference on Futurology (ICF), pengagas American batik design competition, Speech Writer Training Program, special presentation at the United States Congress, dan perlindungan orangutan pada agreement to protect “orangutan” antara Dr. BiruteGaldikas and Indonesia’s palm oil company Sinarmas.

Sebagai seorang penulis Dr. Dino telah menulis beberapa buku, diantaranya : 
1. The Geopolitics of Indonesia’s
Maritime Territorial policy
(Jakarta : CSIS, 1996)
2. Transforming Indonesia
(Jakarta : Gramedia, 2005)
3. Indonesia on the Move
(Jakarta : Gramedia, 2006); later translated into “Indonesia
Unggul” (Jakarta : Gramedia, 2008)
4. Harus Bisa !
(Jakarta : Red and White, 2008)
5. Energi Positif
(Jakarta : Red and White, 2009)
6. The Transformational Decade
(Jakarta : Red and White, 2011)
7. Life Stories : Resep Sukses dan Etos
Hidup Diaspora Indonesia di Negeri Orang
(Jakarta : Red and White, 2012)
 8. Nasionalisme Unggul: Bukan Hanya Slogan 
  
Saat ini beliau terkenal sebagai penggas Nasionalisme 45-21 yang menyebarkan semangat 45 tapi prestasi abad 21.



Indentitas Penulis :
Nama        : Muhammad Ali Fikri
Alamat      : Jalan Raya Lasem Sidayu no 27 Kab. Gresik 61153 Jawa Timur.
Hp            : 087753393797
Kategori 2 : Tingkat SLTP dan SLTA  
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment